Hot Posts

6/recent/ticker-posts

Bagian Wilayah Geografis Kabupaten Tapanuli Tengah


Pulau Poncan Sibolga

1. Wilayah Geografis

Kabupaten Tapanuli Tengah adalah salah satu dari 33 kabupaten / kota di Provinsi Sumatera Utara, yang wilayahnya berada di Kawasan Pantai Barat Provinsi Sumatera Utara. Kondisi geografis Kabupaten Tapanuli Tengah berada pada posisi koordinat 1°11’00” - 2°22’0” LU dan 98°07’ - 98°12’ BT dengan luas wilayah 6.194,98 km² meliputi 2.194,98 km² luas daratan dan 4.000 km² luas laut. Sebagian besar wilayah administrasi Kabupaten Tapanuli Tengah berada di Pulau Sumatera dan sebagian lagi merupakan 31 (tiga puluh satu) pulau-pulau kecil, dengan pulau yang terbesar adalah Pulau Mursala dengan luas ± 8.000 Ha, memiliki panorama alam yang sangat indah meliputi air terjun yang langsung jatuh ke laut, terumbu karang dan hutan Pulau MursalaKabupaten Tapanuli Tengah memiliki panjang garis pantai ± 200 km dan salah satu daerah Maritim di Pantai Barat Sumatera Utara.

Kabupaten Tapanuli Tengah memiliki hamparan gunung, pantai, laut, dan sungai dikenal dengan sebutan GUPALA, wilayahnya berbatasan di sebelah Utara dengan Kabupaten Aceh Singkil (Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam), disebelah Timur dengan Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Humbang Hasundutan dan Kabupaten Pakpak Bharat, disebelah Selatan dengan Kabupaten Tapanuli Selatan, dan disebelah Barat dengan Kota Sibolga dan Samudera Hindia.

Kabupaten Tapanuli Tengah termasuk salah satu daerah dengan potensi kebencanaalaman / bencana, meliputi tsunami, gempa bumi, banjir, dan longsor.

Khusus potensi bencana alam gempa bumi,  longsor dan banjir perlu penanganan yang serius dan lebih baik terhadap lahanlahan kritis di dalam kawasan hutan dan diluar kawasan hutan. Hal ini telah dijabarkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Tapanuli Tengah Tahun 2012 – 2016 dan Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) Kabupaten Tapanuli Tengah Tahun 2013 – 2033.

Kondisi geografis Kabupaten Tapanuli Tengah yang memiliki kekayaan potensi alam hampir di semua bidang, yang paling menonjol adalah di bidang Pariwisata dan bidang Kelautan dan Perikanan sehingga Kabupaten Tapanuli Tengah terpilih sebagai salah satu pilot project Kawasan Minapolitan Perikanan Tangkap di Indonesia dan di bidang Pariwisata dan Kebudayaan dengan brand image Negeri Wisata Sejuta Pesona namun disisi lain, besarnya potensi kekayaan alam Kabupaten Tapanuli Tengah tidak sebanding dengan kondisi infrastruktur dan sumber daya manusia yang ada sehingga Kabupaten Tapanuli Tengah melakukan percepatan pembangunan sumber daya manusia dan infrastruktur.

Seiring dengan percepatan pembangunan yang dilaksanakan di Kabupaten Tapanuli Tengah maka pada tahun 2014 Kabupaten Tapanuli Tengah telah keluar dari kategori daerah tertinggal di Indonesia menjadi daerah kabupaten yang berdaya saing untuk mengejar ketinggalannya dengan daerah kabupaten / kota lain yang sudah lebih dahulu maju.

2. Kecamatan


Kabupaten Tapanuli Tengah terbagi atas 20 kecamatan :
  1. Kecamatan Manduamas
  2. Kecamatan Sirandorung
  3. Kecamatan Andam Dewi
  4. Kecamatan Barus
  5. Kecamatan Barus Utara
  6. Kecamatan Sosorgadong
  7. Kecamatan Pasaribu Tobing
  8. Kecamatan Sorkam Barat
  9. Kecamatan Sorkam
  10. Kecamatan Kolang
  11. Kecamatan Tapian Nauli
  12. Kecamatan Sitahuis
  13. Kecamatan Sarudik
  14. Kecamatan Pandan
  15. Kecamatan Tukka
  16. Kecamatan Badiri
  17. Kecamatan Pinangsori
  18. Kecamatan Lumut
  19. Kecamatan Sibabangun
  20. Kecamatan Sukabangun

3. Peta


Posting Komentar

0 Komentar

close