Hot Posts

6/recent/ticker-posts

Produk Lokal & UKM Kabupaten Tapanuli Tengah


Kabupaten Tapanuli Tengah terletak di pesisir Pantai Barat Pulau Sumatera dengan panjang garis pantai 200 km dan wilayahnya sebagian besar berada di daratan Pulau Sumatera dan sebagian lainnya di pulau-pulau kecil dengan luas wilayah 2.188 Km². Sebagai daerah yang berada disekitaran perairan, Tapanuli Tengah telah menjadi penghasil Ikan-ikan Segar dari provinsi Sumatera Utara. Banyak produk - produk yang lezat berasal dari daerah ini. Nah mari kita sama2 melihat, produk - produk lokal dari daerah ini yang terkenal di tengah - tengah masyarakat..



1. Dodol Rumput Laut 


Salah satu produk UKM yang satu ini menjadi Produk yang sedang digiatkan pemerintahan Kabupaten Tapanuli Tengah, sebagai daerah perairan, beberapa masyarakat setempat memberdayakan hasil laut berupa Rumput Laut yang dijadikan sebagai bahan campuran dari dodol ini... Walau bahan Produk ini telah agak langka yaitu rumput laut, namun pemerintah daerah setempat telah mencoba mengatasi kelangkaan ini dengan program Budidaya rumput laut, agar dapat memenuhi produksi dari produk ini.


2. Madu Hutan Asli Sitahuis


Daerah ini juga memiliki produk 100% Madu Asli TANPA campuran apapun . Dari Lebah Hutan Liar yang dikenal sebagai lebah penghasil MADU TERBAIK di Indonesia,. Rasa yang khas dan aroma bunga yang lebih kuat dan LEBIH BERKHASIAT dibanding madu budidaya/ternak. Madu diproduksi oleh Lebah yang menghisap sari bunga dari pohon khas hutan  yang berada didaerah ini tepatnya dari hutan daerah Sitahuis.. Buat saudara/i yang berkunjung di daerah ini, jangan lupa untuk mencoba produk yang satu ini. Yang berkhasiat untuk mengobati beberapa macam penyakit.


3. Produk Olahan Ikan - Ikan Segar




Nah sebagai daerah salah satu penghasil ikan - ikan segar diwilayah Sumatra Utara, masyarakat setempat tidak luput dari peluang untuk menciptakan produk - produk Olahan yang bahannya dari Ikan. Bermacam - macam bentuk dan rasa diciptakan oleh masyrakat yang bergelut dibisnis ini. Sebut saja salah satunya Abon Ikan Tuna.. Buat kita yang berkunjung kedaerah ini, para pegiat produk olahan Ikan segar, telah menyediakan pilihan beberapa macam rasa. Jangan sampai terlewatkan..  


Nah ini beberapa sebagian produk-produk olahan dari daerah ini.. Saya akan berusaha untuk update produk-produk lokal terbaru dari Kabupaten ini, agar dapat menjadi modal pengetahuan jika berkunjung ke daerah ini.. Terima kasih

Posting Komentar

0 Komentar

close