Hot Posts

6/recent/ticker-posts

Produk Lokal & UKM Kabupaten Tapanuli Utara



PRODUK LOKAL & UKM



Mengenal lebih detail Kabupaten Tapanuli Utara dapat kita ketahui dari hasil Produk dan kegiatan Usaha Mikro yang digeluti oleh masyarakat setempat dalam pemenuhan kebutuhan ekonomi yang berorientasi kesejahteraan masyarakat daerah..

Pada prinsipnya potensi yang sudah tergali dan yang belum tergali sangat banyak dikandung oleh bumi TAPANULI UTARA., dan jika dikelola dengan teknologi modern prospek kesejahteraan ekonomi masyarakat sangat menjanjikan..

Berikut Produk-produk dan hasil UKM Kabupaten Tapanuli Utara antara lain :

1. Ulos/Mandar (Sarung) Tenunan Tarutung





Salah satu program pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara, yang saat ini dibawah Kepemimpinan Bapak Nikson Nababan, adalah mengangkat popularitas & elektabilitas hasil produk-produk lokal. Dengan kinerja dan perhatian yang tulus dari Ibu Satika Simomara ( Istri Bupati Tapanuli Utara ) selaku Ketua PKK  & Ketua DEKRANASDA Kab.Tapanuli Utara yang membidangi Produk Lokal, Ulos/mandar tenunan ini telah naik Elektabilitas nya di mata masyarakat Indonesia, bahkan ke Manca Negara.
Ulos/Mandar Tenunan Tarutung ini, diproduksi secara manual dengan peralatan2 khusus tentunya.
Lama pengerjaan tergantung tingkat kualitas Ulos/Mandar tersebut , untuk tingkat an Ulos/Mandar yang tertinggi pengerjaannya bisa sampai 30 hari..
Ulos/Mandar Tenunan ini bisa kita dapatkan dengan membelinya dari Kantor Dekranasda Kabupaten Tapanuli Utara, dan dipasar tarutung juga sudah banyak dijual.


2. Kacang Sihobuk



Kabupaten Tapanuli Utara





Kacang olahan masyarakat Tapanuli Utara ini terkenal sangat renyah dan gurih, rasanya pun manis. Proses pengolahan tergolong memakan waktu cukup lama dan yang menghasilkan cita rasa khas dari kacang ini. 
Kacang mentah yang telah dipilih pertama-tama direndam dalam air selama satu malam, keesokan harinya kacang yang telah direndam tadi dimasukkan dalam kuali besar yang digonseng beserta Pasir, lazimnya dimasak hampir memakan waktu 4 jam memakai Kayu bakar.. Setelah kacang masak, lalu disortir kembali untuk memilih hasil yang lebih bagus untuk dikemas.
Kacang Sihobuk ini sudah banyak ditemukan pemasaran nya hampir disepanjang jalan Lintas yang terbentang di Tapanuli Utara, bahkan diluar daerah pun sudah banyak ditemui..




3. Gitar Sipoholon





Nah ini nih,,, salah satu produk andalan dari Kabupaten Tapanuli Utara, tepatnya dari Kecamatan Sipoholon. Produk yang sudah sangat terkenal di seantero Indonesia, bahkan sudah bersaing sampai keluar negeri ini, dinamai dengan GITAR SIPOHOLON, yang disesuaikan hak paten merk Gitar tersebut, dengan asal daerah diproduksinya yaitu Kecamatan Sipoholon..
Nah, buat kita yang sedang berkunjung ke Tapanuli Utara Gitar ini sangat layak untuk dibawa pulang sebagai kenang-kenang an, kita akan sangat mudah menemukannya, karena Gitar ini langsung dijual oleh beberapa masyarakat yang memproduksinya langsung ( Home Industry ) disekitar rumah di daerah Sipoholon. Gitar ini memiliki suara yang sangat nyaring, selain itu harganya juga terjangkau loh..



4. Keripik KRIUKK TA



Dewan Kerajinan Nasional Kabupaten Tapanuli Utara ( DEKRANASDA TAPUT ) yang diketuai oleh Ibu Satika Simamora tidak tanggung-tanggung untuk mendongkrak pendapatan masyarakatnya,,. Dibawah kepemimpinan nya, sang Ibu Ketua memanfaatkan peluang akan hasil pertanian Tapanuli Utara, untuk menciptakan produk-produk ini.. Berbahan utama Ubi Ungu, terciptalah keripik ini yang dinamakan dengan KRIUKK TA Ubi Ungu dari desa Paniaran.. Cita rasa kripik yang khas dan gurih, adalah keunggulan dari KRIUKK TA ini. Produk ini bisa kita dapatkan di Kantor DEKRANASDA dan juga dibeberapa warung yang ada di Tapanuli Utara..


5. Pro Tio




Terobosan-teroboson Bapak Nikson Nababan selaku Bupati Tapanuli Utara patut diacungkan jempol. Produk kemasan Minuman mineral ini asli produk Tapanuli utara yang dinamakan PRO TIO. Minuman ini dikemas dengan sumber mata air yang higienis dari desa Ugan.. Jadi tidak diragukan lagi kesegaran dari PRO TIO ini.

Posting Komentar

0 Komentar

close